Obama Kalahkan McCain di Internet


NEW YORK - Rupanya pamor Barack Obama cukup tinggi di dunia maya. Bahkan popularitasnya mampu mengalahkan John Mccain dengan telak.

Situs survey internet ComScore menghitung tingkat popularitas keduanya berdasarkan jumlah pengunjung situs pribadi mereka masing-masing, pencarian nama kedua kandidat dalam mesin pencarian internet, dan tampilan iklan terbanyak dalam situs yang berhubungan dengan mereka. Keseluruhan sarana tersebut dimenangkan oleh Obama. Sedangkan McCain mampu mengungguli Obama hanya dalam konten video.

Obama ternyata memiliki sarana iklan online terbesar dibanding McCain dengan rata-rata eksposure sekira 92 juta per bulan. Sedangkan McCain hanya mampu mencapai tujuh juta eksposure. Angka eksposure iklan Obama meningkat tiap bulannya. Pada bulan Mei saja Obama meningkatkan angka eksposure-nya sehingga 150 juta dan pada bulan Juni meningkat lagi menjadi 244 juta.

"Iklan-iklan Obama ditujukan untuk menggalang masa dan memancangkan imej-nya di masyarakat. Sedangkan iklan McCain di internet sangat berorientasi pada isu. Bahkan, ketika iklan Obama memberikan pesan universal yang positif, McCain malah mengiklankan pesan yang campur aduk, ada sisi negatif dan positif. Hal ini menunjukkan perbedaan besar antara mereka berdua," ujar senior analis comScore Andrew Lipsman, seperti dikutip PC Magazine, Jumat (5/9/2008).

Namun dalam media video internet, McCain mengungguli Obama dengan jumlah tiga kali lipat jumlah pengunjung. Situs McCain mengumpulkan sekira 2,1 juta hits video per bulan. Sedangkan Obama hanya mengumpulkan angka 612.000 untuk jumlah kunjungan video.

Beda halnya dengan pencarian di internet. Untuk urusan pencarian, Obama mampu meninggalkan McCain jauh di belakang. Para pengguna internet biasanya lebih suka mencari 'Obama' ketimbang 'McCain'. Bahkan angka pencarian Obama dengan McCain mengalami selisih empat kali lipat dengan masing-masing berada di angka 5,4 juta pencarian untuk 'Obama' dan 1,3 juta untuk pencarian McCain.

Selain penulisan nama 'Obama' yang lebih mudah diketik ketimbang 'McCain', karakter dan personal Obama yang tergolong kandidat kulit hitam satu-satunya dalam sejarah Amerika, ternyata memberikan magnet tersendiri bagi para netter.



Comments

Popular posts from this blog

Penampakan 'Mata Banteng' di Planet Mars

Bagaimana Sepeda Federal dimulai

Apakah menurutmu kamu sudah menemukan biola stradivarius? Coba tebak..!!