Bedum Kalahkan Kemiringan Menara Pisa

AMSTERDAM - Menara Pisa memang dianggap sebagai satu-satunya menara miring di dunia. Namun jika dibandingkan dengan sebuah menara di Belanda, maka persepsi tersebut akan berubah.

Dilansir melalui Reuters, Jumat (29/8/2008), ahli geometrik asal Belanda Jacob van Dijk telah menemukan bukti baru bahwa menara gereja Walfidrus, yang terletak di Bedum, Belanda, dapat memiliki sudut kemiringan yang lebih miring dibanding Menara Pisa. Bahkan hingga kini, kemiringan menara Pisa semakin surut akibat perbaikan yang terjadi di sana-sini.

"Dalam ketinggian 55,86 meter, menara Pisa memiliki sudut kemiringan sekira 4 meter. Sedangkan menara di Bedum memiliki kemiringan sekira 2,61 meter dengan ukuran tinggi sekira 35,7 meter. Jika kedua menara memiliki tinggi yang sama maka menara Bedum akan memiliki sudut kemiringan lebih dari 6 sentimeter dibanding Pisa," ujar van Dijk.

Menurut ahli geometrik tersebut, masyarakat Itali bisa saja senang mendengar hasil tersebut namun penduduk di Belanda akan lebih merasa senang karena ternyata Pisa memiliki sudut kemiringan di bawah Bedum.



Comments

Popular posts from this blog

Penampakan 'Mata Banteng' di Planet Mars

Bagaimana Sepeda Federal dimulai

Apakah menurutmu kamu sudah menemukan biola stradivarius? Coba tebak..!!