Apakah menurutmu kamu sudah menemukan biola stradivarius? Coba tebak..!!

Tahun 1908 seorang pemain biola terkenal dari Belgia bernama Eugene Ysaye sedang dalam tur konser di St. Petersburg Russia. Dia membawa 4 biola Stradivarius. Salah satu biola tersebut dicuri dari kamar hotelnya, dan belum diketemukan.
Tahun 1951 seorang tentara dalam perang Korea menemukan sebuah biola disembunyikan di dinding sebuah rumah pertanian. Biola itu kemudian ternyata dikenali sebagai salah satu Stradivari yang asli.
Beberapa cerita seperti diatas - yang menurut dugaan adalah benar dan nyata - telah muncul dalam mitos para kolektor. Mitos itu adalah bahwa kamu mungkin menemukan sebuah Stradivariusmu yang luar biasa berharganya - tersembunyi jauh di lotengmu atau di gudang bawah tanah atau mungkin di sebuah perkebunan. Dan banyak orang sebenarnya telah menemukan biola yang membawa nama dari master jenius pembuat biola itu, maestro dari Cremona, Antonius Stradivari (yang namanya beberapa salah dikenalkan sebagai “Stradivarius”). Tapi orang ini lebih sering menjadi korban dari kejahatan, barangkali tanpa disadari, pengakuan atau cerita bohong.
Antonio Stradivari lahir tahun 1644 dan membuka toko di Cremona, Italy, dimana dia membuat biola dan alat musik string yang lain (harpa, gitar, biola alto dan cello) sampai meninggalnya tahun 1737. Dia mengambil sebuah konsep dasar bagi biola dan menyempurnakan geometri dan desainnya untuk menghasilkan sebuah instrumen standart sebagai hasil dari kerja kerasnya yang telah mengabidkan diri selama hidupnya sebagai pembuat biola. Biolanya bernyanyi tidak seperti yang pernah ada sebelum biola biola buatan Stradivari, dengan suara paling jernih dan volume terbesar, dan dengan nada yang paling murni yang membuat mereka terlihat hampir 'hidup' di tangan seorang maestro pemain biola. Dia adalah salah satu dari tiga keluarga besar pembuat biola di Cremona selama tahun 1700an dan 1800an, dua yang lain adalah Guarneri and Amati, tapi biola Stradivari telah diputuskan oleh sejarah sebagai yang terbaik. Dua putra Stradivari melanjutkan pekerjaanya setelah kematiannya.
Setiap Strad dibuat seluruhnya oleh tangan, dengan penuh ketekunan dan kesabaran merawat dan memilih kayu bahkan sampai pada tekstur finishing pernis. Tidak ada proses perakitan sama sekali, dan yang terbaik yang diproduksi Antonio diperkirakan tidak lebih dari sekitar 1,100 instrumen, termasuk biola, selama hidupnya. Dari yang dihasilkan tersebut, diperkirakan 630 sampai 650 masih bertahan lebih dari 250 tahun sejak mereka dibuat. Hebat bukan..??Itulah hal lain yang membuatnya spesial..512 dari yang bisa bertahan adalah biola. Yang lainnya banyak dihancurkan ke dalam api atau kecelakaan yang lain, hilang di laut atau karena banjir, dan beberapa dihancurkan oleh api - pengeboman oleh Dresden dalam Perang Dunia II. Sebenarnya tidak ada jumlah sebenarnya yang pasti tercatat. Sekarang Strad yang asli harganya dua sampai tiga juta dolar.
Terus dari mana biola biola yang tersembunyi di kloset atau loteng di seluruh dunia ini berasal? Mengapa semua orang yang menemukan satu berpikir bahwa dia telah menemukan Strad yang asli? Jawabannya sangat simpel: kopi.
Sekarang Master pembuat biola menggunakan ilmu pengetahuan modern - termasuk alat scan tercanggih dan teknik gambar digital - untuk membuka "rahasia" dari Stradivari dan membuat kembali instrumen dengan kualitas dia. Salah seorang pembuat biola kerkebangsaan Kanada, Joseph Curtin, dan patnernya yang berkebangsaan Amerika, Gregg Alf, membuat kopi, sama persis di setiap goresan dan pewarnaan pernis, dari instrumen tertentu yang diketahui sebagai the Booth Stradivari, yang dibuat Stradivari tahun 1716. Biola tersebut terjual dalam sebuah lelang di Sotheby tahun 1993 sebesar $42,460 - pada seorang pemain biola konser.
Tapi semakin mendekati Abad Kedua kopi yang lebih buruk telah dibuat dan dijual - dengan memuat label “Stradivarius”. Karena alasan ini, kehadiran dari label Stradivarius di dalam biola bukan berarti bahwa instrumen itu adalah Asli.
Label yang biasanya - baik yang asli ataupun bukan - membawa inskripsi Latin “Antonius Stradivarius Cremonensis Faciebat Anno [tgl],” yang menyebutkan pembuatnya (Antonio Stradivari), tempat (Cremonia), dan tahun pembuatan, tanggal sebenarnya baik tulisan tangan ataupun print. Label Latin itulah yang memberikan dia nama “Stradivarius.” Setelah 1891, ketika Amerika menyediakannya, kopi boleh juga mempunyai asal negara sebenarnya yang di print dalam bahasa Inggris di pinggir label : “Made in Czechoslovakia,” atau cuma “Germany.”
Ratusan dari ribuan kopi ini dibuat di Jerman, Prance, Eropa Tengah dan Eropa Timur, Inggris, Cina, dan Jepang, mulai pertengahan abad-19th dan berlanjut sampai sekarang - dan tercatat jutaan ada di dunia saat ini. Mereka berusaha keras untuk meniru label mengklaimnya tidak hanya dibuat oleh Stradivari tapi juga oleh Vuillaume, Amati, Bergonzi, Guarneri, Gasparo da Salo, Stainer, dan yang lainnya.
Toko musik semula menjual biola ini pada harga yang membuatnya biasa tanpa penipuan yang diharapkan oleh pembeli - beberapa mengklaim sebagai "penghargaan" - mereka mematok harga dari $8.00 sampai $27.00 per item, dan diperkenalkan di iklan sebagai “kopi” atau “model.” Tapi kesamaan pada instrument yang mereka kopi sangat minimal bagi mata yang terlatih - atau telinga. Sementara beberapa terlibat kerajinan tangan, secara mayoritas ini merupakan produk massal. Hal seperti ini tidak terjadi sampai pada tahun 1957 bahwa kata “kopi dari” ditambahkan pada beberapa label.
Meskipun sekarang orang bisa menemukan iklan untuk sebuah “Biola Stradivarius” yang disediakan “Lengkap dengan Stand Dekoratif dan Bow,” dan diklaim menjadi “sebuah replika yang sangat bagus dari biola Stradivarius yang terkenal,” didesain untuk display “di dinding atau di atas rak atau meja cafe” cuma seharga $29.95.
Sementara itu Stradivari yang asli muncul - biasanya setelah pencurian atau kerusakan. Tahun 1967 sebuah Strad buatan tahun 1732, yang diberi nama the Duke of Alcantara dan dimiliki oleh Departemen Musik UCLA’s, dipinjamkan kepada anggota Roth String Quartet UCLA. Dia menjelaskan entah biola itu ditinggalkan di atas mobilnya kemudian jatuh ketika berkendara, atau dicuri dari dalam mobilnya. Seorang perempuan muncul dengan biola tersebut pada tahun 1994, mengklaim bibi dari suaminya yang terdahulu telah memberikannya kepada suaminya, dan dia mendapatkannya dalam penyelesaian perceraian. Dia mengatakan keluarganya menemukan biola tersebut dipinggir jalan. UCLA akhirnya memberikan perempuan itu $11,500 untuk mendapatkan kembali biola tersebut dan menghindari perselisihan pengadilan yang berkepanjangan.
Lantas apa yang akan kamu lakukan jika kamu menemukan biola dengan label Stradivarius - atau dari pembuat biola terkenal lainnya dari beberapa abad lalu? Kamu butuh seorang ahli untuk menilai biola tersebut, dan sebagian besar ahli adalah anggota dari Federasi Pembuat Biola and Bow Amerika. Mengharapkan pembayaran atas penilaiannya. Keaslian dari sebuah biola bisa ditentukan hanya dengan pemeriksaan secara hati hati dari beberapa faktor seperti desain, model, ketrampilan pengerjaan, kayu, dan pernis. Tidaklah sulit untuk memisahkan biola produksi massal dari biola yang benar benar instrumen buatan tangan, tapi memerlukam penilai biola yang benar benar terlatih untuk bisa mengetahui pembuatnya dan tempat membuat biola tersebut secara jelas.
Jangan berharap penemuanmu menjadi yang asli. Keanehan yang bertentangan dengan penemuan sesuatu yang nyata adalah ketiadaan. Meskipun demikian, kamu mungkin memiliki biola yang pantas, dan jika kamu bisa memainkan instrumen itu,akan menjadi sebuah penghargaan tersendiri.



Comments

Popular posts from this blog

Penampakan 'Mata Banteng' di Planet Mars

Bagaimana Sepeda Federal dimulai