Apes! Bikin Lelucon Soal Presiden, Pria Zimbabwe Diseret ke Pengadilan



Harare, Apes! Hanya gara-gara membuat lelucon tentang Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, seorang pria diseret ke pengadilan. Pria tersebut bercanda tentang apakah Mugabe cukup kuat untuk meniup balon pada pesta ulang tahunnya ke-88, pekan lalu.

Richmore Chazi, pria tersebut, ditangkap ketika sedang minum-minum dengan teman-temannya di sebuah bar di Mutare, Zimbabwe. Saat itu, mereka menyaksikan siaran langsung pawai ulang tahun Mugabe yang digelar pada Sabtu (25/2) lalu.

"Chazi dijerat dakwaan penghinaan dan merendahkan otoritas presiden dan akan datang kembali ke pengadilan pada 12 Maret mendatang untuk menjalani persidangan," tutur pengacara Chazi, Blessing Nyamaropa, kepada AFP, Rabu (29/2/2012).

Ketika hadir dalam persidangan awal, Chazi akhirnya dibebaskan setelah membayar jaminan. Namun demikian, persidangan akan terus berlangsung.

Perlu diketahui bahwa Zimbabwe memang memberlakukan peraturan khusus dan unik. Setiap orang yang membuat lelucon soal Mugabe ataupun yang menjadikan Mugabe sebagai bahan candaan, bisa ditangkap dan diseret ke pengadilan. Peraturan ini telah diberlakukan sejak Zimbabwe mendapatkan kemerdekaannya dari Inggris pada 1980 silam.

Comments

Popular posts from this blog

Penampakan 'Mata Banteng' di Planet Mars

Bagaimana Sepeda Federal dimulai

Apakah menurutmu kamu sudah menemukan biola stradivarius? Coba tebak..!!