Bagaimana Sepeda Federal dimulai

Copas dari grup sebelah:

NGOBROL BARENG OM SUWAHYU ADJIE, SALAH SATU FOUNDER FEDERAL CYCLE (FC), DAN OM FACHRI ISMAWAN, MANTAN HEAD OF PRODUCT DEVELOPMENT PT FEDERAL CYCLE MUSTIKA (FCM), DI SERPONG, 20 DESEMBER 2017

Menyambung ngobrol bareng sebelumnya dengan Om Fachri pada 25 Januari 2016 lalu, itu pun setelah 2 tahun pencarian, akhirnya hampir 2 tahun kemudian ngobrol bareng pun terjadi lagi dengan salah satu founder Federal Cycle. Perbedaan keduanya terletak pada pengetahuan historis tentang sepeda Federal keduanya, karena Om Fachri membidani Federal era 90an, sedang Om Adjie membidani Federal 80an.

Om Adjie adalah salah satu dari tiga founder sepeda Federal (Federal Cycle), bersama almarhum Om Andi dan Om Siswanto yang saat ini tengah menderita stroke yg membuat beliau lumpuh total dan tidak bisa bicara.

- Bagaimana Federal dimulai?

Sekitar 1983, pendiri dan pemilik Astra Honda, Om William, mendatangi bagian produksi dan bertemu kepala plant manager produksi motor yaitu Om Andi, dimana Om Adjie, yg saat itu kepala seksi produksi motor, ikut mendampingi, dan menanyakan langsung 'mau usaha apa?', yg dijawab oleh Om Andi 'mau produksi sepeda'. Mengingat saat itu, 80an, kondisi penjualan motor lesu karena nilai tukar rupiah terhadap dollar.

Mendapat lampu hijau Om Andi mengajak Om Adjie untuk ikut dalam proyek sepeda tersebut. Pada awalnya Om Andi meminta Om Adjie mendesain logo sepeda, dan Om Siswanto bagian engineeringnya. Dimulailah petualangan ketiganya mempersiapkan langkah awal proyek sepeda di ruangan dengan meja berukuran 80x80cm.

Tugas awal Om Adjie adalah membuat logo (F atau FC) untuk presentasi. Dan dengan alat sekedarnya, seperti; cutter, dll, Om Adjie membuat logo yg selanjutnya dicetak di percetakan (Percetakan Sumber Agung di Cipinang, Om Tedjo). Dan 3 hari pun materi siap dibawa untuk presentasi.

Akhirnya disetujui logo FC dengan segitiga. Untuk arti segitiga mari kita dengar bersama keterangan Om Adjie di Jamnas MTBFI ke-4 mendatang... :)

- Seperti apa sepeda Federal tahun 80an?

Hingga akhirnya dimulailah produksi sepeda dengan technologi pengelasan seperti sepeda motor, yaitu MIG welding (pengelasan Metal Insert Gas), dan tidak menggunakan TIG (tungsten insert gas) welding karena terlalu panas, dan tidak menggunakan argon karena terlalu mahal. Chromoly mulai diadakan karena keluhan beratnya frame hi-ten tahun2 90an.

Tubing Federal 80an berasal dari Taiwan dalam kondisi sudah terpotong-potong. Perakitan frame (yg rata2 ber-lugs) dilakukan di Indonesia. SN pada sepeda tahun 80an tergantung SN yg dibuat oleh pabrik di Taiwan di BB (bottom bracket). Dan tahun 1983 akhirnya penjualan sepeda bisa dilakukan untuk pertama kalinya.

Sementara tubing 90an mulai menggunakan tubing hi-ten buatan lokal, namun chromoly masih impor dari Tange-Jepang.

Pengecatan tahun 80an bahkan menggunakan pengecatan penggunaan robot, setelah sebelumnya Om Adjie mengadakan study banding di Jepang tentang pengecatan motor yg diaplikasikan juga untuk sepeda. Warna sepeda diracik oleh tim pengecatan motor.

Produksi Federal tahun 80an sejak awal fokus pada jenis MTB, dengan produksi roadbike dan citybike sebagai sisipan. Mengimbangi trend MTB di dunia yg juga baru tumbuh. Hal ini yg mengakibatkan sepeda Federal adalah MTB dan MTB adalah sepeda Federal.

Tipe2 sepeda diklasifikasikan dengan penamaan kucing besar dan kucing, dimaksudkan menunjukkan bahwa Federal adalah sepeda yg kuat dan tangguh.

- Mengapa dari Sunter pindah ke Pegangsaan Dua?

Pihak Honda Jepang tidak suka melihat diproduksinya sepeda, sehingga dibangunlah plant baru di Pegangsaan Dua dengan standar perakitan motor, supaya bisa digunakan untuk perakitan motor juga.

- Bermitra dengan Kuwahara?

Kuwahara adalah pilihan yg reasonable dari segi cost produksi, dibanding dengan pabrikan lain, seperti; panasonic. Om Andi dan Om Siswanto adalah 2 orang yg melobby Kuwahara di Jepan, yg diiringi kunjungan pihak Kuwahara ke Indonesia.

- Apakah Federal 80an sudah expor?

Federal 80an hanya untuk pasar lokal. Bahkan pada 90an pun Federal tidak mengekspor dalam brand Federal. Tetapi dengan brand berbeda-beda sesuai keinginan pemesan, seperti: Hi Gear, Minerva, dll

Federal sempat diekspor ke Yunani dengan brand Federal, dikarenakan mereka tidak memiliki brand dan menerima brand Federal.

Sedang untuk ke AS Federal menggunakan brand berbeda, yaitu Aero Glide (MTB), namun tidak dilanjutkan sebelum dijual. Penasaran? Tunggu di Jamnas MTBFI ke-4... :P

- Yg terakhir Om Adjie lakukan sebelum masuk era 90an?

Om Adjie mendesain nama/kata Panther, karena adanya keinginan untuk membuat produk prestige. Tp sayang Om Adjie tidak mengikuti prosesnya hingga diproduksi. Dalam mendesain Om Adjie menggunakan Mekanorma.

- Om Paimo?

Om Adjie menjelaskan datangnya Om Paimo menghadap Om Andi untuk dibuatkan sepeda untuk ke Kilimanjaro.

Bahkan Om Adjie sempat meminjamkan kunci L (bermerek Canondale) yg dikembalikan setelah perjalanan ke Kilimanjaro.

- Kapan Federal Cycle menjadi Federal Cycle Mustika?

Era akhir 80an terjadi kerja sama Federal dan Kuwahara. Dan PT FCM mulai memproduksi edisi awal 90an yg berbeda dengan edisi 80an.

- Mengapa menggunakan DO semi?

DO semi sangat memudahkan dalam setting kelurusan chain-line. Karena diakui tubing Federal tidak terlalu presisi.

- Federal Emas?

Federal emas adalah sepeda Federal yg dilapisi emas tubingnya. Diproduksi untuk hari koperasi dan diserahkan pada Bpk. Bustanil Arifin untuk dibawa keliling dalam peringatan hari Koperasi. Tp tidak diketahui saat ini dimana keberadaannya.

- Mengapa tidak ada katalog sepeda Federal tahun 80an?

Om Adjie menjelaskan memang tidak pernah ada katalog sepeda tahun 80an.

- Alumunium tahun 80an?

Pihak Taiwan menawarkan frame alumunium saat awal Federal memproduksi sepeda. Namun sayang frame yg ditinggal (1 buah) tersebut tidak diketahui keberadaannya.

- MTBFI?

Om Adjie: 'saya surprise! dan terharu'. 'Sy jadi ingat perjuangan sy dulu mendesain sampai sakit kata dokter kurang gizi...'

Untuk lebih lengkapnya, nantikan beliau2 di Jamnas MTBFI ke-4 mendatang...

Salam
bay ISMOYO

Comments

Popular posts from this blog

Penampakan 'Mata Banteng' di Planet Mars

Apakah menurutmu kamu sudah menemukan biola stradivarius? Coba tebak..!!