Manfaat Musik bagi Otak


Studi yang dilakukan University of Hospital San Raffaele (Milan, Italia), dan telah dipresentasikan pada Pertemuan ke-22 Masyarakat Neurologis Eropa (ENS) di Praha menunjukkan bahwa telah dilakukan tes pada orang tanpa latar belakang musik tidak hanya terlihat lebih terampil setelah menyelesaikan dua minggu latihan rutin pada keyboard pianonya, otaknyapun mengalami perubahan secara terukur.

Penelitian ini juga memberikan bukti bahwa meskipun dalam jangka pendek pelatihan ambidextrous (ketrampilan dengan kedua tangan) menyebabkan koordinasi yang lebih baik dan tindakan yang lebih seimbang antara belahan otak kiri dan otak kanan. Pelatihan ini juga menyebabkan respon yang meningkat untuk impuls saraf pada otot-otot jari.

Selanjutnya, rangsangan musik juga mendorong rekonstruksi struktural dari materi abu-abu di daerah otak yang terlibat dalam gerakan yang terkoordinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas yang lebih kompleks itu, semakin baik.

Para ilmuwan baru-baru ini juga meneliti bahwa 'neuroplastisitas' otak yaitu sebuah proses di mana otak secara otomatis merekonstruksi dirinya dalam menanggapi tugas yang diberikan sehingga struktur internal dan organisasi yang paling cocok untuk sebuah tuntutan. Fungsi Neuroplastisitas secara otomatis membangun interkoneksi yang lebih baik dari daerah otak yang sering digunakan, dimana sumber daya sementara ditarik dari daerah yang jarang digunakan.

Berlatih musik secara drastis dan efektif dapat mempercepat optimalisasi kegiatan otak tertentu, seperti yang ditunjukkan pada 2 studi berikut:.

Pada studi pertama, peneliti meminta 12 peserta tanpa pengalaman musik untuk menyelesaikan sepuluh sesi latihan selama 35 menit pada keyboard piano elektronik dalam periode dua minggu. Mereka memeriksa fungsi gerakan tangan peserta sebelum dan setelah pelatihan selesai, melalui tes neurofisiologis menggunakan 32-saluran EEG (electroencephalogram) dan stimulasi magnetik transkranial (TMS).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua peserta mencapai peningkatan dramatis dalam kemampuan motorik mereka selama pelatihan, namun hasil yang paling mengejutkan adalah harmonisasi di mana kedua tangan mampu melakukan kegiatan secara bersamaan.

Dr Elise Houdayer dari University Hospital San Raffaele di Milan menyatakan bahwa:

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua tangan yang dilatih baik tangan kanan maupun tangan kiri terjadi peningkatan yang signifikan dalam kecekatan pada tangan yg jarang digunakan. Sepuluh hari latihan secara terus menerus ternyata sudah cukup untuk memicu perubahan plastisitas kortikal mirip dengan hasil yang dilaporkan untuk pemusik berpengalaman. "

Penelitian kedua dipimpin oleh Prof Massimo Filippi di Unit Penelitian Neuroimaging di Milan di San Raffaele Hospital yg melibatkan 45 peserta tanpa pengalaman bermusik yang dibagi kedalam 3 kelompok yang berbeda. Semua peserta diberi tugas untuk menggunakan tangan kanan mereka untuk bermain dengan urutan tertentu pada notasi keyboard komputer yang telah dimodifikasi, dengan mengikuti irama metronom selama 30 menit per sesi latihan. Periode Penelitian ini melibatkan sepuluh sesi selama dua minggu.

Kelompok pertama hanya mendengarkan metronom, sementara kelompok kedua mendengarkan sebuah musik dengan irama yang sama dengan metronom. Kelompok ketiga diberi tugas paling rumit melaksanakan tugas yang diberikan sambil mendengarkan musik dengan kecepatan yang lebih cepat dari metronom. Semua peserta menjalani tes kelincahan dan otak dengan menggunakan teknik pencitraan terbaru sebelum dan sesudah penelitian.

Temuan mengungkapkan terjadi peningkatan ketangkasan pada ketiga kelompok, namun yang paling besar terjadi pada mereka yang melakukan tugas yang lebih rumit (Kelompok 3).

Prof Filippi menyimpulkan: "stimulasi musik selama latihan dapat meningkatkan kinerja motorik dan mempengaruhi plastisitas struktural otak."

Dr Rocca menambahkan: "kompleksitas tugas ini juga terkait dengan pola yang berbeda aktivasi kortikal yang diukur dengan MRI."

Comments

Popular posts from this blog

Penampakan 'Mata Banteng' di Planet Mars

Bagaimana Sepeda Federal dimulai

Apakah menurutmu kamu sudah menemukan biola stradivarius? Coba tebak..!!