Salah Boikot Warnai Protes Pemblokiran Internet Iran


Nokia Siemens Networks disebut-sebut punya andil dalam pemblokiran akses internet dan telekomunikasi di Iran. Geram mendengar kabar tersebut, sejumlah konsumen pun melancarkan aksi boikot. Namun sayangnya, beberapa aksi mereka salah sasaran.

Kabar ini sendiri berhembus ke permukaan setelah dimuat Wall Street Journal beberapa waktu lalu. Dilaporkan, NSN jadi pemasok perangkat yang digunakan para penguasa di Iran untuk melakukan pengawasan di internet bagi warganya.

Alhasil, gerak-gerik warga Iran dapat diawasi dengan leluasa oleh para penguasa. Sehingga ketika dinilai bisa menimbulkan keresahan, akses dunia maya di negara ini dapat disumbat.

Mendengar kabar tersebut NSN jelas menyatakan sanggahannya. Perusahaan Finlandia-Jerman ini mengaku hanya menyediakan perangkat untuk menunjang akses telekomunikasi di negara tersebut, bukan perangkat untuk memblokir atau menyaring akses internet.

Meski demikian, menyeruaknya kabar tersebut sudah kadung liar dan mulai memancing respon negatif dari konsumen yang tidak setuju dengan aksi kekerasan yang terjadi di Iran.

Namun anehnya, beberapa dari mereka menganggap bahwa Nokia Siemens Networks adalah perusahaan sama yang memproduksi ponsel Nokia. Sehingga pemboikotan salah sasaran pun terjadi.

Sejumlah pemboikot misalnya sudah kadung menulis komentar bernada sinis yang ditujukan kepada Nokia, si produsen ponsel itu. Mereka mengaku, saking kesalnya telah menghancurkan ponsel-ponsel Nokia yang mereka miliki.

Bukan hanya itu, mereka bahkan turut menyarankan teman dan keluarga mereka untuk menjauhi produk Nokia karena dinilai membuat kebijakan keliru.

"Aku telah mulai memboikot semua produkmu(Nokia-red.) sampai kamu tak lagi memberi bantuan pada para diktator fasis dan pembunuh massal itu," cecar salah seorang pemrotes salah sasaran ini.

Namun apa lacur, salah tuduhan ini jadi semakin liar. Belum ada tanggapan resmi dari Nokia terkait hal ini, hanya NSN saja yang telah menyampaikan klarifikasi mereka lewat blognya.

"Kami bukan Nokia ataupun Siemens. Namun dari subsidiari bisnis berbeda yang bernama Nokia Siemens Networks," jelas Ben Roome, juru bicara NSN dalam blog resmi perusahaan

Comments

Popular posts from this blog

Penampakan 'Mata Banteng' di Planet Mars

Bagaimana Sepeda Federal dimulai

Apakah menurutmu kamu sudah menemukan biola stradivarius? Coba tebak..!!